Jumat, 01 Januari 2016

Sejarah Panel

ORGANISASI PECINTA ALAM SMKN 1 PLERED
( PANEL )

Organisasi Pencinta Alam SMKN 1 Plered, yang disingkat sebagai PANEL, adalah salah satu organisasi di SMKN 1 Plered yang bergerak dalam bidang Lingkungan Hidup.

Visi Organisasi Pencinta Alam Neple (PANEL)adalah ” Melestarikan Alam Dengan Membangun Kesadaran Peduli Lingkungan
Misi Organisasi Pencinta Alam Neple (PANEL):
a.   Mewujudkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa untuk melestarikan alam.
b.   Menumbuhkan sikap profesionalisme dalam Organisasi Pencinta Alam Neple (PANEL) dengan dilandasi Iman dan Taqwa.
c.   Membangun disiplin, tanggung jawab dan kemandirian dalam organisasi Pencinta Alam Neple (PANEL)
d.   Membentuk rasa kebersamaan, kekeluargaan, keberanian, inovasi, kreativitas, loyalitas, yang tinggi terhadap lingkungan.

Panel  diprakarsai oleh 3 orang, yaitu Bpk. Sarip Hidayat, S.Pd.I , Nendi Apriki, dan Ahmad Ludi Mauludi. Keinginan mereka membuat khususnya lingkungan SMKN 1 Plered menjadi lingkungan yang hijau, sejuk, sehat dan bersih, dan umumnya lingkungan manapun, mendorong mereka untuk merintis sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup. Mereka merintis sebuah organisasi yang mereka beri nama Organisasi Panel (Pencinta Alam SMK Negeri 1 Plered).

 Kerja keras dan kegigihan mereka, untuk membuat organisasi tersebut serta di dukung orang-orang yang peduli akan lingkungan akhirnya menciptakan hasil yang manis. Kepala sekolah SMKN 1 Plered yang pada saat itu adalah Bpk. Drs. Muhardi MT, akhirnya pada bulan maret 2014, beliau menyetujui pembentukan organisasi melalui penandatanganan proposal yang diajukan.

Orgaisasi Panel disahkan tanggal 21 Juni 2014, melalui Deklarasi Panel di puncak  gunung di Purwakarta, yaitu tepatnya di Gn. Bongkok  Kec. Tegalwaru.







  Foto Deklarasi  PANEL (oleh Evi Komara)

Deklarasi Panel
Hari ini, kami atas nama SMK Negeri 1 Plered, berada di puncak gunung, mendeklarasikan pengesahan Organisasi Pecinta Alam SMK Negeri 1 Plered.
Kami memiliki visi-misi, persepsi dan tujuan menjaga lingkungan alam di manapun dan kapanpun kami berada, dengan segenap jiwa raga kami.
Purwakarta, 21 Juni 2014
Atas nama Orgaisasi Panel

1.     Sarip Hidayat, S.Pd.I
2.     Nendi Apriki
3.     Ahmad Ludi Mauludi
4.     Evi Komara
5.     Kartika Dewi P
6.     Agum Ahmad Sugian
7.     Hisyam Farisi Sukarya

Deklarasi Panel ini di lakukan oleh tujuh orang, yaitu :
1.     Bpk. Sarip Hidayat, S.Pd.I
2.     Sdr. Nendi Apriki
3.     Sdr. Ahmad Ludi Mauludi
4.     Sdr. Evi Komara
5.     Sdri. Kartika Dewi P
6.     Sdr. Agum Ahmad Sugian
7.     Sdr. Hisyam Farisi Sukarya

Setelah Organisasi Panel sah berdiri, organisasi Panel melakukan rekruitmen anggota terhadap siswa baru tahun 2014, yang hasilnya Organisasi Panel banyak diminati siswa baru.
       Isi dari Deklarasi Panel

Setelah memiliki calon anggota, para perintis membuat acara pertama Panel untuk melantik calon anggota ini yang dinamakan Pemantik Api. Pemantik Api adalah singkatan dari Perkemahan Pelantikan anggota Pilihan, yang pertama kali diadakan dan dilaksanakan pada tanggal 08 Novemeber 2014, yg berlokasi kan di obyek wisata “Curug Cipurut” kaki gunung Burangrang Wanayasa.
Saat itu organisasi Panel adalah organisasi yang masih muda, Panel tidak memiliki apa-apa, peralatan penunjang kegiatan pun tidak ada, namun meski begitu Pembina dan perintis tidak berputus asa untuk terus maju. Tidak hanya itu, dana pun menjadi sebuah hal yang sangat sulit saat itu bagi Panel, mengapa? sebenarnya panel bisa meminta dana kepada sekolah atas acara yang akan dilaksanakan, tetapi Pembina Panel Bpk. Sarip Hidayat,S.Pd.I menciptakan organisasi ini adalah untuk menjadikan sikap anggota-anggota panel mandiri dan tidak tergantung kepada siapapun. Panel itu bukan bayi yang harus selalu merengek minta kepada ibunya, tapi panel adalah Organisasi yang siap tempur apapun keadaanya tanpa harus selalu merengek kepada orang lain.
Maka acara panel yang pertama, yaitu Pemantik Api Panel laksanakan dengan modal semangat orang-orang panel. Saat itu Pembina, perintis, calon anggota yang akan dilantik, dan orang-orang yang peduli akan organisasi panel melakukan gotong royong supaya acara Pemantik Api bisa terlaksana. Alat alat seadanya yang dibawa adalah peralatan pribadi dan dananya adalah hasil swadaya dari orang orang panel.
Karena semangat dari semuanya, akhirnya dari acara pemantika api terbentuklah angota angkatan pertama panel yang bermental baja yang disebut angkatan “Kampak Alam”. Angkatan pertama ini adalah pondasi untuk membangun kekuatan panel yang lebih kuat dan lebih kokoh untuk masa yang akan datang.
Mereka mengikrarkan janji anggota yang dipegang teguh dan diamalkan, janji itu dinamakan “ SAPTA DHARMA SATYA ALAM “ yang artinya tujuh ikrar kesatria alam.

SAPTA DHARMA SATYA ALAM
Kami sahabat Panel berjanji, setia, tunduk, dan patuh terhadap ikrar  yang kami ucapkan dan tanamkan di dalam hati, di saksikan bumi alam yang kami pijak :
1.     Bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.     mempererat hubungan manusia dengan Tuhan , manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.
3.     Menjadikan alam sebagai teman
4.     Menjadi abdi nusa dan masyarakat
5.     Menjungjung tinggi nama baik organisasi
6.     Mempererat jiwa korsa sesama anggota
     7. Menjadi pribadi yang setia dan bertanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar